fbpx
Upgrade-Terbesar-Bitcoin-Dalam-4-Tahun---Apa-Saja-Perubahannya

Upgrade Terbesar Bitcoin Dalam 4 Tahun – Apa Saja Perubahannya?

Pembaruan bitcoin pertama dalam hampir empat tahun telah diluncurkan. Ini adalah contoh jarang kesepakatan di antara semua pemangku kepentingan, dan itu adalah tonggak penting bagi cryptocurrency yang paling dipuja di dunia.

Pembaruan taproot membawa lebih banyak privasi dan efisiensi dalam transaksi dan yang paling penting ia membuka potensi kontrak pintar, yang dapat digunakan untuk menghilangkan perantara dari transaksi.

“Taproot penting karena menawarkan berbagai peluang bagi pengusaha yang tertarik untuk memperluas penggunaan Bitcoin,” kata Alyse Killeen yang merupakan co-founder serta mengelola mitra di perusahaan modal ventura yang berfokus pada Bitcoin.

Berbeda dengan upgrade Bitcoin 2017, yang dikenal sebagai “Perang Saudara Terakhir” karena perpecahan ideologis yang tegang antara penganutnya, Taproot memiliki penerimaan yang hampir universal, sebagian karena pembaruan ini adalah perubahan aplikasi yang cukup bertahap.

Apa yang terjadi?

Aspek besar dari transformasi Bitcoin terkait dengan tanda tangan digital, yang mirip dengan sidik jari yang diangkat seseorang pada setiap transaksi.

Saat ini, Bitcoin menggunakan proses yang dikenal sebagai “Algoritma Signature Digital Curve Curve” yang menghasilkan tanda tangan terenkripsi menggunakan kunci pribadi yang mengelola dompet Bitcoin. Ini memastikan bahwa bitcoin hanya digunakan oleh pemilik sah.

BACA JUGA  Bitfinex Membayar $24 Juta Untuk Menyetor Ke Blockchain

Taproot juga akan menambahkan apa yang disebut Schnorr Signatures. Ini menjadikan transaksi multi-tanda tangan yang tidak dapat diakses menurut miner Bitcoin Alejandro de la Torre.

Ini tidak akan menghasilkan lebih banyak keamanan untuk akun Bitcoin pribadi Anda di Publik Blockchain, namun itu akan membuat transaksi dasar tidak dapat dikenali dari transaksi yang lebih rumit dan memiliki banyak tanda tangan.

Di dunia nyata, ini akan berarti lebih banyak privasi karena kunci pribadi Anda tidak akan terpapar pada visibilitas apa pun ke rantai. “Anda bisa semacam menyembunyikan siapa Anda sedikit lebih mudah yang hebat,” kata Bitcoin Mining Engineer Brandon Arvanaghi, yang sekarang adalah CEO Meow perusahaan yang memungkinkan peserta Perbendaharaan Korporat berpartisipasi dalam pasar cryptocurrency.

Kontrak pintar

Tanda tangan yang disempurnakan ini adalah pengembangan yang menarik untuk kontrak cerdas yang merupakan kontrak pelaksanaan mandiri yang didasarkan pada teknologi blockchain. Kontrak pintar secara teoritis dapat digunakan untuk melakukan setiap jenis transaksi dari membayar sewa setiap bulan untuk mendaftarkan mobil Anda.

Taproot membuat kontrak cerdas lebih terjangkau dan kurang besar dalam hal jumlah ruang yang mereka tempati di blockchain. Killeen mengklaim bahwa kemampuan dan efisiensi yang ditingkatkan ini menawarkan “Pikiran yang luar biasa.”

BACA JUGA  Apakah Cryptocurrency Akan Menjadi Uang Masa Depan?

Saat ini, kontrak cerdas dapat dikembangkan pada lapisan protokol inti Bitcoin serta pada jaringan petir, platform pembayaran berdasarkan bitcoin yang memungkinkan transaksi segera. Kontrak cerdas yang dibuat melalui jaringan petir biasanya menyebabkan transaksi yang lebih efisien dan lebih murah.

“Transaksi petir dapat menelan biaya fraksi kecil satu sen … sedangkan transaksi bitcoin di lapisan protokol lebih mahal dari ini,” jelas Killeen.

Pengembang telah mulai membangun petir sebelum merilis versi upgrade yang akan memungkinkan kontrak yang sangat spesifik.

“Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan untuk Taproot adalah … Kontrak Smart.” dinyatakan Fred Thiel Direktur perusahaan penambangan Cryptocurrency Marathon Digital Holdings. “Saat ini merupakan sumber utama inovasi pada jaringan Ethereum. Kontrak pintar memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi dan perusahaan di Blockchain.”

Ketika lebih banyak programmer membuat kontrak pintar berdasarkan teknologi blockchain Bitcoin, Bitcoin bisa menjadi pemain yang lebih menonjol di bidang Defi (juga dikenal sebagai keuangan desentralisasi) yang merupakan istilah yang dapat mengacu pada aplikasi keuangan yang dirancang untuk menghilangkan perantara .

Hari ini, Ethereum adalah blockchain pilihan untuk aplikasi ini, yang sering dikenal sebagai “dapps.”

BACA JUGA  Perkembangan Pasar Kripto Beserta Dengan Analisisnya

Apa alasan penundaan itu

Sementara komunitas Bitcoin memilih untuk mengamankan upgrade ini pada akhir Juni, peluncuran aktual berlangsung pada bulan November. Keterlambatan dua bulan dirancang untuk memberikan waktu untuk menguji dan mengurangi kemungkinan masalah yang terjadi dalam perjalanan pemutakhiran.

“Pembaruan memberi tahu Anda kemungkinan kemungkinan cacat masuk ke sistem, yang dapat merusak kepercayaan pada seluruh sistem cryptocurrency dan secara efektif menghapusnya sebagai luka yang ditimbulkan sendiri, jika Anda mau,” kata Jason Deane yang merupakan analis Ekonomi kuantum.

Deane mengklaim bahwa ini adalah salah satu alasan mengapa upgrade diperiksa dengan cermat, diuji, dan diverifikasi selama periode waktu yang panjang.

Banyak pengguna juga menyadari migrasi 2013 yang menghancurkan, ketika upgrade yang tidak disengaja menyebabkan bitcoin dibagi menjadi dua bagian.

“Anda tidak ingin klien atau penambang lain dalam protokol menjadi sinkron. Beginilah benarnya terjadi,” Nic Carter, pendiri dan mitra Castle Island Ventures, mengatakan kepada CNBC. “Karena tidak mungkin kita ingin memiliki seperti 2013, kita memiliki waktu yang sangat lama.”